Manfaat Sertifikat Pelatihan Kerja untuk Karyawan dan Pelamar Pekerjaan

Pelatihan kerja merupakan program yang bisa diikuti untuk mendapatkan pengajaran dan kemampuan baru mengenai bidang tertentu. Di akhir pelatihan tersebut akan diberikan sertifikat yang merupakan bukti bahwa peserta sudah mengerti dan juga dapat mengaplikasikan kemampuan …

Pelatihan kerja merupakan program yang bisa diikuti untuk mendapatkan pengajaran dan kemampuan baru mengenai bidang tertentu. Di akhir pelatihan tersebut akan diberikan sertifikat yang merupakan bukti bahwa peserta sudah mengerti dan juga dapat mengaplikasikan kemampuan yang baru dipelajari dari mengikuti pelatihan kerja tersebut.

 Salah satu program pelatihan yang mendapatkan sertifikat misalnya dari Prasmul-ELI. Lembaga pelatihan ini menawarkan program untuk publik mulai dari general business management, human resources, strategy business, financial, marketing, dan lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Sertifikat pelatihan kerja  dari Prasmul-ELI maupun lainnya bisa memberikan berbagai manfaat bagi karyawan maupun yang menggunakannya untuk melamar pekerjaan. Beberapa manfaat apabila mempunyai sertifikat program pelatihan kerja yang diikuti adalah:

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat pertama mengapa bisa mengikuti pelatihan kerja adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Utamanya bagi Anda yang ingin melamar  pekerjaan maka membutuhkan modal yang dapat untuk menambah nilai yang dimiliki. Apabila mempunyai sertifikat yang didapatkan dari pelatihan kerja yang diikuti, maka akan dapat membuat rasa percaya diri lebih meningkat dan tidak takut atau khawatir ketika melamar pekerjaan. Hal tersebut juga akan bisa membantu untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik karena mempunyai posisi nilai jual yang tinggi dengan kemampuan yang dibuktikan dengan mempunyai sertifikasi yang dimiliki.

2. Mengukur kemampuan masing-masing

Manfaat selanjutnya adalah bisa digunakan mengukur kemampuan yang dipunyai. Hal ini dapat digunakan untuk calon karyawan maupun bagi karyawan yang sudah mempunyai pekerjaan di perusahaan. Sertifikasi kompetensi yang dipunyai akan membantu untuk menilai diri sendiri yang dipunyai. Sehingga akan dapat mengukur kemampuan dan keahlian yang perlu untuk dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik. Hal tersebut akan membuat produktivitas dapat meningkat karena mempunyai kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di perusahaan.

3. Membantu mengembangkan diri

Manfaat sertifikat pelatihan kerja juga dapat membantu untuk mengembangkan diri. Seperti bagi karyawan di kantor walaupun sudah mempunyai pekerjaan tetapi juga membutuhkan aktualisasi dan mengembangkan diri. Karena perkembangan jaman akan mempunyai metode dan strategi baru yang perlu untuk dipelajari dan dipraktekkan dalam bisnis perusahaan. Untuk dapat mengembangkan diri tersebut, karyawan juga perlu mengikuti pelatihan bisnis seperti dari Prasmul-ELI untuk mengembangkan diri. Pelatihan tersebut digunakan untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan baru, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan membuat keuntungan perusahaan lebih besar.

4. Memudahkan penyaringan calon karyawan

Sertifikat dari pelatihan kerja juga akan membantu perusahaan untuk dapat memudahkan penyaringan calon karyawan. Dengan sertifikat tersebut menunjukkan bahwa seseorang mempunyai kemampuan atau kompetensi tertentu. Sehingga hal tersebut akan memudahkan untuk mendapatkan karyawan yang mempunyai kemampuan dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan kantor. Sertifikasi tersebut dapat menjadi bukti dan meningkatkan nilai untuk memilih calon karyawan sehingga akan lebih memudahkan untuk perusahaan atau organisasi.

5. Meningkatkan produktivitas kerja

Manfaat terakhir dari sertifikat pelatihan kerja adalah dapat meningkatkan produktivitas kerja. Apabila mengikuti pelatihan kerja maka bisa mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang akan meningkat, sehingga bisa diaplikasikan untuk meningkatkan produktivitas ketika bekerja. Oleh karena itulah pelatihan kerja tidak hanya dibutuhkan oleh calon pelamar pekerjaan saja, tetapi juga dibutuhkan bagi karyawan di perusahaan tertentu. Perusahaan dapat memberikan pelatihan sesuai kebutuhan karyawan, sehingga pelatihan tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas kerja yang berdampak pada keuntungan perusahaan.